Peringatan Hari Koperasi ke-70 Tahun 2017 Provinsi Bali

Sabtu, 29 Juli 2017

Masih terkait dalam rangkaian Hari Koperasi ke-70 tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2017 lalu yang dalam memperingatinya dilakukan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Peringatan hari koperasi untuk tingkat nasional dipusatkan di kota Makassar, Sulawesi Selatan tanggal 12 juli 2017 yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo yang sekaligus membuka Kongres Koperasi ke III dengan mengusung tema “Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan, untuk Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.    
   
Kali ini peringatan hari koperasi ke-70 tahun 2017 untuk tingkat provinsi bali yang mengambil tema "Koperasi Kuat Menjamin Pemerataan Ekonomi Mewujudkan Keadilan Sosial" telah dilaksanakan mulai tanggal 7 Juni 2017 yang diawali dengan serangkaian kegiatan diantaranya Lomba Koperasi Siswa, jalan sehat bertempat di GOR Gunung Agung Amlapura Kabupaten Karangasem pada tgl 7 Juli 2017 yang diikuti oleh seluruh gerakan koperasi, OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem, Dekopinwil, Dekopinda, OPD Dinas Koperasi, UKM Provinsi Bali dan dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Koperasi, UKM Provinsi Bali.   
   
Puncak peringatan Hari Koperasi Tingkat Provinsi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 28 juli 2017 di gedung UKM Center Kabupaten Karangasem. Dalam kesempatan ini, turut hadir pula Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. I Wayan Dipta, M.Sc, dan Wakil Ketua DPRD Bali Bapak Sugawa Kori, Ketua Dekopinwil Bali, dan Kepala Dinas Koperasi di Kab/Kota se-Bali. Acara dimulai dengan tarian penyambutan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Mars Koperasi, doa, pembacaan riwayat singkat hari koperasi Indonesia, laporan dari DR. I Dewa Nyoman Badera, SE.,M.Si.,Ak.CK selaku ketua Dekopinwil Bali yang merupakan panitia utama dalam pelaksanaan acara ini.   


Acara berlangsung dengan khidmat kemudian dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh Bupati karangasem yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem. Acara ini dilanjutkan dengan penyerahan tanda penghargaan kepada koperasi yang berkinerja dengan baik oleh Gubernur Bali yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala dinas koperasi, UKM provinsi bali, I Dewa Nyoman Patra, SH.,MH, diantaranya, Koperasi Simpan Pinjam yang memperoleh penghargaan ialah Kopdit Tri Tunggal Tuka, KSP. Mulia Sejahtera, KSP. Citra Telekomunikasi Mandiri. Koperasi di bidang pemasaran diantaranya KUD. Selat, Koperasi Karyawan RSUD Sanjiwani, KSU. Seken. Koperasi di bidang produsen diantaranya KUD. Surya Merta, KUD. Dharma Prawerti, KSU. Dharma Sentana. Koperasi di bidang konsumen yang mendapat penghargaan ialah Koperasi Pegawai Praja, Koperasi Pegawai Negeri Dharma Wiguna, Koperasi Pegawai Negeri Abdi Praja. Koperasi yang bergerak di bidang jasa yang memperoleh penghargaan ialah Koperasi Karyawan Guna Sejahtera, Koperasi Bali Kencana, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Medica. Dan koperasi dengan jenis fungsional yang memperoleh penghargaan ialah KPRI Sehat, KPRI Suka Maju, KPN. Werdi Yasa.  
   
 Selepas memberikan penghargaan Kepala dinas koperasi, UKM provinsi bali, I Dewa Nyoman Patra, SH.,MH yang dalam kesempatan ini mewakili gubernur bali  memberikan sambutan dan arahan agar koperasi siap menghadapi tantangan di era global dengan meningkatkan kompetensi SDM, kerjasama kemitraan dan penggunaan teknologi informasi (IT). Sebagai puncak acara dari peringatan Hari Koperasi Tingkat Provinsi ini di tandai dengan pemotongan tumpeng.   
   
 Perayaan hari koperasi tingkat provinsi ini berlangsung meriah dengan beberapa acara hiburan yang disuguhkan oleh panitia. Perayaan hari koperasi tingkat provinsi ini dipenuhi oleh ratusan penggiat koperasi yang berasal dari seluruh kabupaten kota di seluruh Bali.   



by: tim PPID