UKM Kuliner Didorong Go International

Selasa, 02 Nopember 2010

Sudah saatnya UKM makanan dan minuman diangkat citranya agar bisa masuk ke pasar global. Untuk itu Pemerintah akan memfasilitasi pelaku KUKM yang bergerak disektor makanan untuk melakukan redesain dan reranding guna meningkatkan nilai jual produknya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar pameran yang menyatukan para pelaku KUKM kuliner di satu tempat.
Kementerian Koperasi dan UKM RI menggandeng sejumlah asosiasi seperti Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) menggelar pameran makanan dan minuman bertajuk Smesco UKM Food & Packaging Expo 2010 pada tanggal 27-31 Oktober 2010 di Gedung Smesco UKM Jakarta.
Expo melibatkan 150 pelaku usaha makan dan minuman yang datang dari 20 Provinsi di Indonesia. Diharapakan melalui pameran ini akan terjadi pertukaran informasi dan muncul berbagai ide baru tentang kreativitas produk makanan dan minuman.
Dalam sambutannya Menteri Koperasi dan UKM, Syarifuddin Hasan menyampaikan expo diharapkan mampu merangsang pelaku KUKM kuliner untuk menggarap sektor makanan dan minuman dengan lebih optimal mengingat peluang pasarnya yang terbuka lebar. Hal yang perlu dilakukan adalah inovasi yang terus menerus, menjaga mutu dan higienitas, serta yang tak kalah penting tentang cara pengemasan agar lebih menarik bagi konsumen.