Uraian Tugas

Selasa, 02 Nopember 2010

 
 

A.   KEPALA DINAS
Kepala Dinas mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Dinas;
b.    Mengkoordinasikan penyusunan rencana dan program kerja Dinas;
c.    Merumuskan kebijakan umum Dinas serta menyelenggarakan administrasi berdasarkan kewenangan;
d.    Mendistribusikan tugas kepada bawahan;
e.    Menilai prestasi kerja bawahan;
f.     Menyediakan dukungan kerjasama antar Kabupaten/Kota;
g.    Melakukan pengendalian terhadap pelayanan umum;
h.    Membina bawahan dalam pencapaian Program Dinas;
i.      Melaksanakan pembinaan umum dan pembinaan teknis;
j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
k.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah.
 
B.   SEKRETARIAT
Sekretaris mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja kesekretariatan;
b.    Mengkoordinasikan program kerja masing-masing sub bagian;
c.    Mengkoordinasikan para Kepala Sub Bagian;
d.    Menilai prestasi kerja bawahan;
e.    Membimbing dan memeberi petunjuk kepada Kepala Sub Bagian dan bawahan;
f.     Melakukan koordinasi dengan para Kepala Bidang dan Kepala UPT;
g.    Menyelenggarakan kegiatan kesekretariatan berdasar rencana kerja yang telah disusun;
h.    Melaksanakan dan mengawasi kegiatan pengelolaan urusan umum dan kepegawaian, penyusunan program dan keuangan;
i.      Menghimpun dan menyusun rencana kerja dan program embangunan bidang perindustriandan perdagangan;
j.      Melaksanakan system pengendalian intern;
k.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
l.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.
 
1)    Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Mengelola, memelihara dan mendistribusikan barang bergerak dan atau tidak bergerak serta menyiapkan usulan penghapusannya;
e.    Memelihara, menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan kantor serta melaksanakan kegiatan kerumahtanggan Dinas;
f.     Mengelola urusan surat menyurat;
g.    Melaksanakan urusan kepegawaian;
h.    Menyiapkan bahan telaahan kajian dan analisa organisasi dan ketatalaksanaan Dinas;
i.      Menyusun dan meneliti bahan penyusunan produk hokum serta menghimpun peraturan perundang-undangan yang berlaku;
j.      Melaksanakan tugas-tugas kehumasan dan keprotokolan;
k.    Melaksanakan system pengendalian intern;
l.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
m.   Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris.
 
2)    Kepala Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Mengkoordinasikan penyiapan bahan dan data rencana kerja dan anggaran Dinas;
e.    Mengkoordinasikan penyusunan anggaran/pembiayaan pembangunan;
f.     Melakukan monitoring pelaksanaan anggaran;
g.    Menghimpun bahan kebijakan sebagai masukan dalam penyusunan Rencana Stratejik (RENSTRA) Dinas;
h.    Menghimpun bahan dan penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP);
i.      Melaksanakan system pengendalian intern;
j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
k.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris.
 
3)    Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Melaksanakan penatasuhaan keuangan;
e.    Melaksanakan pengurusan gaji pegawai dan tunjangan lainnya;
f.     Melaksanakan kontrol keuangan;
g.    Menyusun dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan;
h.    Melaksanakan system pengendalian intern;
i.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
j.      Melaporkan hasil pelaksanaaan tugas kepada Sekretaris.
 
C.   BIDANG PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN
Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan mempunyai tugas:
a.    Menyusun rencana dan program kerja Bidang;
b.    Mengkoordinasikan program kerja masing-masing Seksi;
c.    Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
d.    Menilai prestasi kerja bawahan;
e.    Membimbing dan memberi petunjuk kepada Kepala Seksi dan bawahan;
f.     Melakukan pengkajian teknis dan menyusun rencana pengembangan bidang;
g.    Menghimpun dan mentabulasi data;
h.    Menyiapkan bahan-bahan informasi dan pertimbangan teknis bidang;
i.      Mengidentifikasi masalah serta merumuskan kebijakan, program dan kegiatan dan dukungan kerjasama antar Kabupaten/Kota;
j.      Melaksanakan tugas laporan Kinerja Dinas;
k.    Menyusun standar pelayanan minimal;
l.      Melaksanakan pengawasan dan pembinaan dalam rangka pengumpulan, pengolahan dan pengkajian data;
m.   Membuat laporan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas bidang;
n.    Melaksanakan system pengendalian intern;
o.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
p.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.
 
1)    Kepala Seksi Pengumpulan dan Pengolahan Data mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyusun, mengumpulkan dan mengolah Data;
e.    Menyiapkan bahan-bahan dan menyusun buku informasi;
f.     Melaksanakan system pengendalian intern;
g.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
h.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
2)    Kepala Seksi Pengkajian dan Pengembangan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Melakukan pengkajian data;
e.    Menyipakan penyusunan standar [elayanan minimal;
f.     Menyusun program pengembangan pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang;
g.    Melaksanakan system pengendalian intern;
h.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
i.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
3)    Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Mengadakan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan Dinas secara periodic;
e.    Menghimpun dan mengolah data untuk bahan laporan unit kerja;
f.     Membuat laporan hasil kegiatan dinas secara berkala;
g.    Menyiapkan penyusunan laporan kinerja Dinas;
h.    Membuat tindak lanjut hasil pemeriksaan;
i.      Melaksanakan system pengendalian intern;
j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
k.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
D.   BIDANG BINA LEMBAGA KOPERASI
Kepala Bidang Bina Lembaga Koperasi mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja Bidang;
b.    Mengkoordinasikan program kerja masing-masing seksi;
c.    Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
d.    Menilai prestasi kerja bawahan;
e.    Membimbing dan member petunjuk kepada Kepala Seksi dan bawahan;
f.     Menyusun petunjuk operasional pembinaan kelembagaan Koperasi;
g.    Melakukan proses pembentukan, perubahan, penggabungan dan pembubaran badan hokum koperasi;
h.    Melakukan penilaian bidang kelembagaan koperasi;
i.      Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap koperasi;
j.      Melaksanakan sistem pengendalian intern;
k.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
l.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.
 
1)    Kepala Seksi Penyuluhan dan Badan Hukum mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyiapkan bahan penyuluhan perkoperasian;
e.    Membantu proses pembentukkan, perubahan, penggabungan dan pembubaran badan hokum koperasi;
f.     Memberikan fasilitasi konsultasi hukum;
g.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
h.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
i.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
2)    Kepala Seksi Organisasi dan Tata Laksana mempunyai tigas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyiapkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis;
e.    Merumuskan pembinaan kerjasama antar koperasi;
f.     Melakukan inventarisasi perkembangan koperasi;
g.    Melakukan penilaian terhadap koperasi;
h.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
i.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
j.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
3)    Kepala Seksi Pengawasan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyiapkan bahan perumusan kebijaksanaan teknis;
e.    Memberikan pembinaan mengenai Sistem Pengendalian Intern (SPI) Koperasi;
f.     Melakukan pengawasan terhadap koperasi;
g.    Membimbing pengawas koperasi;
h.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
i.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
j.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
 
E.   BIDANG BINA USAHA KOPERASI
Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja bidang;
b.    Mengkoordinasikan program kerja masing-masing seksi;
c.    Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
d.    Menilai prestasi kerja bawahan;
e.    Membimbing dan memberi petunjuk kepada Kepala Seksi dan bawahan;
f.     Menyusun petunjuk operasional penilaian kesehatan kopersi simpan pinjam/usaha simpan pinjam koperasi;
g.    Menyusun petunjuk operasional permodalan koperasi;
h.    Memfasilitasi pembiayan dan penjaminan kredit koperasi;
i.      Mengembangkan lembaga keuangan koperasi;
j.      Melakukan koordinasi pengembangan jaringan usaha koperasi dan promosi produk unggulan koperasi;
k.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
l.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
m.   Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.
 
1)    Kepala Seksi Aneka Usaha mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyiapkan petunjuk teknis;
e.    Menyiapkan bahan pengembangan jaringan usaha koperasi dan promosi produk unggulan koperasi;
f.     Memfasilitasi kemitraan usaha koperasi;
g.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
h.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
i.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
2)    Kepala Seksi Simpan Pinjam mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyiapkan bahan perumusan penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam/usaha simpan pinjam koperasi;
e.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
f.     Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
g.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
3)    Kepala Seksi Permodalan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Membantu menyusun petunjuk operasional permodalan koperasi;
e.    Memberikan fasilitasi pembiayan dan penjaminan kredit koperasi;
f.     Melaksanakan sistem pengendalian intern;
g.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
h.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
F.    BIDANG BINA USAHA KECIL DAN MENENGAH
Kepala Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja bidang;
b.    Mengkoordinasikan program kerja masing-masing seksi;
c.    Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
d.    Menilai prestasi kerja bawahan;
e.    Membimbing dan memberi petunjuk kepada Kepala Seksi dan bawahan;
f.     Menyusun pedoman penyuluhan;
g.    Memberikan fasilitasi konsultasi hukum;
h.    Memfasilitasi pengembangan lembaga konsultasi, pemasaran, kemitraan dan jaringan distribusi;
i.      Mengembangkan program memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan;
j.      Memfasilitasi penyebaran informasi pasar;
k.    Mengkoordinasikan penyediaan sarana dan prasarana usaha;
l.      Menyusun petunjuk teknis dan memfasilitasi penyediaan pembiayaan usaha;
m.   Melakukan koordinasi dengan instansi teknis terkait, dunia usaha dan lembaga masyarakat;
n.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
o.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
p.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.
 
1)    Kepala Seksi Kelembagaan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyiapkan bahan penyusunan pedoman penyuluhan;
e.    Membantu fasilitasi pengembangan lembaga konsultasi, pemasaran, kemitraan dan jaringan distribusi;
f.     Menyiapkan, menyusun pedoman dan petunjuk teknis kerjasama usaha;
g.    Menyiapkan dan memfasilitasi penyebaran informasi pasar dan teknologi;
h.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
i.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
j.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
2)    Kepala Seksi Usaha mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyiapkan data statistik sebagai bahan informasi;
e.    Mengkoordinasikan penyediaan prasarana umum;
f.     Menyiapkan bahan dalam rangka pemberian rekomendasi;
g.    Membantu menyiapkan bahan perumusah dan penjabaran kebijaksanaan teknis;
h.    Pemberian bimbingan kepada usaha kecil dan menengah dibidang usaha;
i.      Melaksanakan sistem pengendalian intern;
j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
k.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
 
3)    Kepala Seksi Pembiayaan mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menghimpun, menganalisa, dan pengolahan data;
e.    Menyiapkan bahan bimbingan;
f.     Menyebarluaskan informasi terhadap pengusaha kecil dan menengah;
g.    Memberikan bimbingan dalam meningkatkan kemampuan pemupukan modal sendiri, menyusun studi kelayakan, manajemen keuangan usaha mikro, kecil dan menengah;
h.    Melaksanakan sistem pengendalian intern;
i.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
j.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
G.   UNIT PELAKSANA TEKNIS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH
Kepala UPT mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja UPT;
b.    Mengkoordinasikan program kerja masing-masing Kepala sub Bagian dan Seksi;
c.    Mengkoordinasikan Kepala Sub Bagian dan Seksi;
d.    Menilai prestasi kerja bawahan;
e.    Membimbing dan memberi petunjuk kepada Kepala Sub Bagian dan Seksi;
f.     Melakukan koordinasi dengan Sekretaris dan Para Kepala Bidang;
g.    Menyusun usulan program dan kegiatan UPT;
h.    Melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi pengelola koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah;
i.      Melakukan kerja sama dengan gerakan koperasi, dunia usaha, lembaga pendidikan dan instansi terkait;
j.      Melaksanakan sistem pengendalian intern;
k.    Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
l.      Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.
 
1)    Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja sub bagian;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Mengelola urusan surat-menyurat;
e.    Membuat, menghimpun dan memelihara administrasi umum dan kepegawaian;
f.     Mengelola, memelihara dan mendistribusikan barang;
g.    Memelihara gedung, perlengkapan kantor dan sarana prasarana diklat;
h.    Mengadakan buku-buku dan bahan bacaan untuk perpustakaan;
i.      Melaksanakan sistem pengendalian intern;
j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
k.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
2)    Kepala Seksi Penyusunan Program, Monitoring dan Evaluasi mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana kegiatan seksi;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Melaksanakan identifikasi kebutuhan diklat;
e.    Menghimpun dan menyusun rencana kerja UPT;
f.     Menyusun rencana kegiatan anggaran UPT;
g.    Melaksanakan monitoring dan evaluasi;
h.    Menyusun laporan kinerja dan kegiatan UPT;
i.      Melaksanakan sistem pengendalian intern;
j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
k.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
3)    Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat mempunyai tugas :
a.    Menyusun rencana dan program kerja sub bagian;
b.    Memberikan petunjuk kepada bawahan;
c.    Menilai prestasi kerja bawahan;
d.    Menyusun pedoman kerja dan petunjuk teknis;
e.    Menyiapkan dan melaksanakan administrasi penyelenggaraan diklat;
f.     Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan;
g.    Menyusun kurikulum dan silabus;
h.    Mengkoordinasikan dan menyiapkan instruktur;
i.      Melaksanakan sistem pengendalian intern;
j.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
k.    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang.
 
H.   KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
Kelompok Jabatan Fungsional Dinas mempunyai tigas melaksanakan sebagian tugas Dinas sesuai dengan keahlian dan kebutuhan.